Program Asuh Menuju Prodi Unggul tahun 2018

Dengan memanjatkan syukur ke khadirat ilahi-robbi, laporan Akhir Program Asuh Menuju Program Studi Unggul 2018, Kemenristekdikti yang dipercayakan kepada POLBAN selesai dibuat. Laporan akhir ini meliputi kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama periode waktu bulan April sampai dengan November 2018, mulai dari program sosialisasi, dilanjutkan dengan program-program pelatihan, program pendampingan (bimbingan teknis), sampai dengan ujicoba menyelenggarakan audit mutu internal di masing-masing PT asuh yang berjalan lancar dan sukses.

Dari segi jadwal, tidak seluruh kegiatan terlaksana sesuai rencana semula karena terjadi penjadwalan ulang terkait dengan bulan Ramadhan dan berbagai libur nasional. Namun pada akhirnya seluruh kegiatan dapat diselesaikan sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan. Ucapan terimakasih disampaikan kepada semua pihak, baik dari unit-unit kerja dan personil-personil di lingkungan internal Polban sebagai PT Pengasuh maupun pihak Dit. Penjamu, Ditjen Belmawa, Kemenristekdikti yang sudah memfasilitasi baik dari segi pendanaan maupun substansi program sehingga kegiatan program PT Asuh ini dapat diselesaikan sampai dengan bulan November tahun ini. Tujuh program pengasuhan yang diajukan pada proposal telah dapat dijalankan dengan baik. Secara umum, seluruh target-target hasil dan luaran telah tercapai, sehingga dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

• Telah terbentuk unit penjaminan mutu yang formal pada organisasi PT asuhan baik sebagai unit tersendiri maupun terintegrasi dengan struktur yang telah ada;

• Sebagian besar (94%) peserta mengikuti tes terkait materi dan berhasil, sehingga mendapatkan dua buah sertifikat kelulusan (pelatihan SPMI dan AMI). Dengan meningkatnya pengetahuan peserta asuh tentang mutu maka peserta bisa menjadi pioneer pengembangan mutu di instansinya. Khusus sertifikat AMI, peserta bisa dan resmi menjadi auditor internal.

• Fungsi penjaminan mutu pada PT asuh telah berjalan, terbukti dengan telah berjalannya siklus P-P-E pada masing-masing PT asuh, mulai dari penetapan standar yang telah disusun, pelaksanaan standar, hingga evaluasi pelaksanaan standar yang dilaksanakan melalui AMI. Tahap pengendalian dan peningkatan standar menjadi proses lanjutan yang dijalankan di internal PT asuh.

• Sebelum proses penetapan standar, PTS telah menyusun kebijakan SPMI, manual, dan formulir standar terkait

• PT telah menyusun instrumen audit mutu guna kepentingan evaluasi pelaksanaan standar di lingkungan internal PT-nya

• Setiap PT Asuhan telah memiliki auditor yang bersertifikat melalui pelatihan auditor AMI yang diselenggarakan oleh PT pengasuh (Polban)

• PT Asuhan telah melaksanakan RTM yang kemudian dilaporkan kepada PT pengasuh (Polban)

• Komitmen pelaksanaan penjaminan mutu berkelanjutan telah dinyatakan oleh masing-masing PTS, ditunjukkan melalui draf TOR dan RAB program SPMI tahun 2019